February 12, 2012

:: “ Sebelum nikah, harus pinter masak dulu.“ (¯―¯٥)


Ga kebayang gue bakal  kaya gini ... (¯―¯٥)

Untuk sekedar kalian ketahui, ini adalah kalimat favorit nyokap tiap kali gue pulang. Baru nyampe rumah, duduk bentar, nyokap udah langsung komat-kamit seputar gue yang ga bisa masak, cooking ability gue yang sumpah parah banget. Dan, kadang bacotan nya nyokap itu nyesek banget, dalemm. JLEB. 

Omongan nyokap ga jauh jauh dari nikah, masak, suami, isteri, rumah tangga, dan sejenis nya. Padahal gue aja belom ada sedikitpun kepikiran buat nikah muda, masih jauh di angan-angan semu, calon nya aja ga punya. Apaan yang mau dirancang. Set dah.


Dijabarin contoh tentang isteri isteri yang ga bisa masak, baru sebulan dua bulan tiga bulan married, eh malang banget, dicerain suami ato dikembalikan ke orang tua, alasannnya ga bisa masak, ga mungkin kan kalo beli makanan ato makan di luar mulu, seret dong. Kisah kisah nya itu itu mulu, entah udah berapa kali nyokap ngulang ceritain kisah yang sama. Udah hapal gue kronologi nya. Hhh.

Pokonya ceramah nyokap tiap gue pulang ke Pariaman, intinya adalah buat nyuruh puteri semata wayang nya ini buat belajar masak. Jadi wanita yang sesungguhnya. Gue mikir gini, ya ampun kosa kata nyokap tinggi banget, ga kesampean, boro boro jadi wanita yang sesungguhnya, wong adek adek gue aja ngledekin gue kuliah pake rok, malah di bilang gue ituh cowo, ngapain pake rok, lotion-an dikit aja, diledekin, bedakan juga diledekin, lo ituh cowo, ngpaian pake pake kaya begituan, bang. Terus, bokap gue, kadang mihak gue kadang semangat banget mihak nyokap, kadang tengah-tengah, terserah deh.Lah, kan dilema gue jadinya. Cobaan beraaaaatttt, coy. Hidup galau!

Dan lagi, ini kayanya nyokap yang kebelet nimang cucu ato apa, gue gatau, tapi, bener, sampe detik ini pas gue nulis ini, gue belom ada kepikiran buat nikah muda, kalo tunangan... hm, okelah. Masak masak masak, belajar masak. Selalu itu yang jadi buah bibir nyokap gue yang emang pinter banget masak, kadang gue salut, kadang gue ngiri, kadang gueee... biasa aja.

Jadi, gini guetuh emang belom ada minat sedikit pun turun ke dapur, masak ini itu, kasi bumbu ini itu, blablabla. Di jiwa gue yang ga kunjung insyaf ini, cuman ada hasrat buat makan doang ga masak. Parahh, Astaghfirullah. Gue sadar sih emang hakekatnya cewe itu musti pinter masak, tapi... ya, hati gue bandel nya minta ampun, ga ada jiwa cewe yang sesungguhnya, masih separo separo. Secara tampilan luar, iye kali, rada cewe, ato malah iye, cewe gituuu, tapi asli mah, JLEB, jaoh. 

Kadang gue ngerasa bersalah, dandanan kadang cewe banget, eh jiwanya masih separoh, haha. Gue malah lebih milih bantuin bokap kasi makan ayam, becek becek, kucel, ato nyabut rumput, daripada nemenin nyokap masak ato bikin kue ato merajut ato nanem bunga ato apalah. Ya ampun, gue kok gini amat yak?! Kenapa gue seperti ini?! Siapa gue?! Ha?!  ( ゚ Д゚)

Tiap nyokap ngomong tentang masak, nikah, suami, rumah tangga, dan sejenisnya. Gini nih kirakira benruk dialog yang itu itu mulu :

“ Iyaaaaa... ntar 3 bulan sebelum married, belajar masak deh, privat. “
“ Mana cukup 3 bulan, memasak itu keterampilan, butuh proses. Belajar dari sekarang aja, supaya terlatih dan terbiasa, kan lagi libur tuh. “
“ Yaudah, 6 bulan sebelum married deh. “
“ Sekarang. Ngebantah mulu. “
“ Kan nikahnya masih lamaa, Ma. Kalo belajar sekarang, ntar ilmu nya ga kepake, lupa. Lagian, kuliah juga baru, ntar aja belajar masaknya kalo udah wisuda. “
“ Makanya rajin masak. Jodoh itu rahasia Allah SWT, siapa tau ntar sebelum taun 4 udah nikah. “
“ Yaudah, udah diputuskan, nikahnya pas udah wisuda aja. Jadi belajar masaknya 4 ato 5 tahun lagi. “
“ Ngebantah orang tua mulu. Masak itu... “

*udah kabur, ke kolam ikan / ruang komputer / kebun, gabung ama brader brader*



Nah, selalu berakhir seperti itu. Alhasil, gue ga jadi jadi belajar masak. Sehingga sampe detik ini gue cuman bisa masak aer, nasi, mie, telor ceplok, dan sayur. Itupun jarang dipraktekin, malesss banget ke dapur, ngidupin kompor, megang piso, ini itu. Ga ada hasrat, parah! Ya ALLAH, semoga hamba-Mu ini segera insyaf dan menjadi wanita yang sesungguhnya. Amin.


0 komentar:

Visitors

Thanks for visiting!

free counters

Followers

World Visiting

February 12, 2012

:: “ Sebelum nikah, harus pinter masak dulu.“ (¯―¯٥)


Ga kebayang gue bakal  kaya gini ... (¯―¯٥)

Untuk sekedar kalian ketahui, ini adalah kalimat favorit nyokap tiap kali gue pulang. Baru nyampe rumah, duduk bentar, nyokap udah langsung komat-kamit seputar gue yang ga bisa masak, cooking ability gue yang sumpah parah banget. Dan, kadang bacotan nya nyokap itu nyesek banget, dalemm. JLEB. 

Omongan nyokap ga jauh jauh dari nikah, masak, suami, isteri, rumah tangga, dan sejenis nya. Padahal gue aja belom ada sedikitpun kepikiran buat nikah muda, masih jauh di angan-angan semu, calon nya aja ga punya. Apaan yang mau dirancang. Set dah.


Dijabarin contoh tentang isteri isteri yang ga bisa masak, baru sebulan dua bulan tiga bulan married, eh malang banget, dicerain suami ato dikembalikan ke orang tua, alasannnya ga bisa masak, ga mungkin kan kalo beli makanan ato makan di luar mulu, seret dong. Kisah kisah nya itu itu mulu, entah udah berapa kali nyokap ngulang ceritain kisah yang sama. Udah hapal gue kronologi nya. Hhh.

Pokonya ceramah nyokap tiap gue pulang ke Pariaman, intinya adalah buat nyuruh puteri semata wayang nya ini buat belajar masak. Jadi wanita yang sesungguhnya. Gue mikir gini, ya ampun kosa kata nyokap tinggi banget, ga kesampean, boro boro jadi wanita yang sesungguhnya, wong adek adek gue aja ngledekin gue kuliah pake rok, malah di bilang gue ituh cowo, ngapain pake rok, lotion-an dikit aja, diledekin, bedakan juga diledekin, lo ituh cowo, ngpaian pake pake kaya begituan, bang. Terus, bokap gue, kadang mihak gue kadang semangat banget mihak nyokap, kadang tengah-tengah, terserah deh.Lah, kan dilema gue jadinya. Cobaan beraaaaatttt, coy. Hidup galau!

Dan lagi, ini kayanya nyokap yang kebelet nimang cucu ato apa, gue gatau, tapi, bener, sampe detik ini pas gue nulis ini, gue belom ada kepikiran buat nikah muda, kalo tunangan... hm, okelah. Masak masak masak, belajar masak. Selalu itu yang jadi buah bibir nyokap gue yang emang pinter banget masak, kadang gue salut, kadang gue ngiri, kadang gueee... biasa aja.

Jadi, gini guetuh emang belom ada minat sedikit pun turun ke dapur, masak ini itu, kasi bumbu ini itu, blablabla. Di jiwa gue yang ga kunjung insyaf ini, cuman ada hasrat buat makan doang ga masak. Parahh, Astaghfirullah. Gue sadar sih emang hakekatnya cewe itu musti pinter masak, tapi... ya, hati gue bandel nya minta ampun, ga ada jiwa cewe yang sesungguhnya, masih separo separo. Secara tampilan luar, iye kali, rada cewe, ato malah iye, cewe gituuu, tapi asli mah, JLEB, jaoh. 

Kadang gue ngerasa bersalah, dandanan kadang cewe banget, eh jiwanya masih separoh, haha. Gue malah lebih milih bantuin bokap kasi makan ayam, becek becek, kucel, ato nyabut rumput, daripada nemenin nyokap masak ato bikin kue ato merajut ato nanem bunga ato apalah. Ya ampun, gue kok gini amat yak?! Kenapa gue seperti ini?! Siapa gue?! Ha?!  ( ゚ Д゚)

Tiap nyokap ngomong tentang masak, nikah, suami, rumah tangga, dan sejenisnya. Gini nih kirakira benruk dialog yang itu itu mulu :

“ Iyaaaaa... ntar 3 bulan sebelum married, belajar masak deh, privat. “
“ Mana cukup 3 bulan, memasak itu keterampilan, butuh proses. Belajar dari sekarang aja, supaya terlatih dan terbiasa, kan lagi libur tuh. “
“ Yaudah, 6 bulan sebelum married deh. “
“ Sekarang. Ngebantah mulu. “
“ Kan nikahnya masih lamaa, Ma. Kalo belajar sekarang, ntar ilmu nya ga kepake, lupa. Lagian, kuliah juga baru, ntar aja belajar masaknya kalo udah wisuda. “
“ Makanya rajin masak. Jodoh itu rahasia Allah SWT, siapa tau ntar sebelum taun 4 udah nikah. “
“ Yaudah, udah diputuskan, nikahnya pas udah wisuda aja. Jadi belajar masaknya 4 ato 5 tahun lagi. “
“ Ngebantah orang tua mulu. Masak itu... “

*udah kabur, ke kolam ikan / ruang komputer / kebun, gabung ama brader brader*



Nah, selalu berakhir seperti itu. Alhasil, gue ga jadi jadi belajar masak. Sehingga sampe detik ini gue cuman bisa masak aer, nasi, mie, telor ceplok, dan sayur. Itupun jarang dipraktekin, malesss banget ke dapur, ngidupin kompor, megang piso, ini itu. Ga ada hasrat, parah! Ya ALLAH, semoga hamba-Mu ini segera insyaf dan menjadi wanita yang sesungguhnya. Amin.


No comments: